RSS

Follower

My Profil

Foto saya
untuk menjadi sesuatu itu. tak perlu cantik, elok, dan terlihat bagus. bagiku, sesuatu itu yang beda....

Objek Wisata di Tasikmalaya

. Gunung Galunggung


pict asal-asalan yang saya ambil :D


tangga menuju kawah gunung galunggung (pict jadul, jadi malu. :D )

Gunung Galunggung merupakan gunung berapi dengan ketinggian 2.167 m di atas permukaan laut, terletak sekitar 17 km dari pusat kota Tasikmalaya. Terdapat beberapa daya tarik wisata yang ditawarkan antara lain: obyek wisata dan daya tarik wanawisata dengan areal seluas kurang lebih 120 hektar dibawah pengelolaan Perum Perhutani. Obyek yang lainnya seluas kurang lebih 3 hektar berupa pemandian air panas (cipanas) lengkap dengan fasilitas kolam renang, kamar mandi dan bak rendam air panas.

. Kampung Naga

Kampung Naga merupakan perkampungan tradisional dengan luas areal kurang lebih 4 ha. Lokasi obyek wisata Kampung Naga terletak pada ruas jalan raya yang menghubungkan Tasikmalaya - Bandung melalui Garut, yaitu kurang lebih pada kilometer ke 30 ke arah Barat kota Tasikmalaya. Dihuni oleh sekelompok masyarakat yang sangat kuat dalam memegang adat istiadat peninggalan Ieluhumya. Hal ini akan terlihat jelas perbedaannya bila dibandingkan dengan masyarakat lain di luar Kampung Naga. Masyarakat Kampung Naga hidup pada suatu tatanan yang dikondisikan dalam suasana kesahajaan dan lingkungan kearifan tradisional yang lekat.



Untuk menuju Kampung Naga dari arah jalan raya Garut-Tasikmalaya harus menuruni tangga yang sudah ditembok (Sunda sengked) sampai ke tepi sungai Ciwulan dengan kemiringan sekitar 45 derajat dengan jarak kira-kira 500 meter. Kemudian melalui jalan setapak menyusuri sungai Ciwulan sampai ke dalam Kampung Naga. Menurut data dari Desa Neglasari, bentuk permukaan tanah di Kampung Naga berupa perbukitan dengan produktivitas tanah bisa dikatakan subur.

a onblur < ="try {parent.deselectBloggerImageGracefully();} catch(e) {}" href="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgRq1zGkn_b2YyTxeYf27AUJ2Obqf82_CGM2iJF_wbcV8zaQrTQ5RyETsKe-UdtsiE_PsC3gpXmEpclqTGO4sNhJnvMOSVZtFyDrxK0nmlVSwtH5BW5HZnrvjomNGfVWptg0g2DWiznxNY/s1600/itop_211008082805.jpg">

Daya tarik obyek wisata Kampung Naga terletak pada kehidupan yang unik dari komunitas yang terletak di Kampung Naga tersebut. Kehidupan mereka dapat berbaur dengan masyrakat modern, beragama Islam, tetapi masih kuat memlihara Adat Istiadat leluhurnya. Seperti berbagai upacara adat, upacara hari-hari besr Islam misalnya Upacara bulan Mulud atau Alif dengan melaksanakan Pedaran (pembacaan Sejarah Nenek Moyang) Proses ini dimulai dengan mandi di Sungai Ciwulan dan Wisatawan boleh mengikuti acara tersebut dengan syarat harus patuh pada aturan disana.





Bentuk bangunan di Kampung Naga sama baik rumah, mesjid, patemon (balai pertemuan) dan lumbung padi. Atapnya terbuat dari daun rumbia, daun kelapa, atau injuk sebagi penutup bumbungan. Dinding rumah dan bangunan lainnya, terbuat dari anyaman bambu (bilik). Sementara itu pintu bangunan terbuat dari serat rotan dan semua bangunan menghadap Utara atau Selatan. Selain itu tumpukan batu yang tersusun rapi dengan tata letak dan bahan alami merupakan ciri khas gara arsitektur dan ornamen Perkampungan Naga.

. Pamijahan


Pamijahan merupakan objek wisata religius yang terletak di Desa Pamijahan Kecamatan Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya. Luas areal yang menjadi objek wisata kurang lebih 25 hektar. Pada umumnya wisatawan yang datang kesini mempunyai minat khusus yaitu, berziarah, sehingga objek wisata ini sangat kental dengan acara-acara ritual keagamaan. Ramainya pengunjung datang ke pamijahan bertepatan dengan hari besar islam, dalam hal ini bulan Maulid merupakam puncak ramainya pengunjung ziarah ke tempat itu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

4 komentar:

Aprian Risman mengatakan...

keren nih postingan and blog nya ijo ijo gitu..

nzhank mengatakan...

hmmm.........
bernuansa tasik banget,,,,,,,,,,,
he he he he

Anonim mengatakan...

subhanalloh tasik memang indah.. sbg urg lembur tasik bangga, hidup tasiklah sing bararesih tempatna. achink alus euy potona dna tangga,, piss ah, ahahah

Unknown mengatakan...

tasikmalaya indah bila di lihat di kaki galunggung

Posting Komentar